Sabtu, 28 Februari 2015

Bendungan Pinrang

       Ini cerita singkat tentang BBP( Bendungan Benteng Pinrang)....
Menurut aku ,, Setiap wilayah yang mempunyai perairan seperti sungai yang luas dan mengalir deras pastinya akan dibuatkan tahanan air disekitarnya. Tahanan tersebut biasa kita kenal sebagai Bendungan. emeng2 Ada 1 Bendungan yang terkenal di kota Pinrang lo guys, Kota ini ada diS ulawesi Selatan. Namanya ,,Bendungan Benteng Pinrang (BBP).





       Waktu berdirinya Bendungan ini yaitu pada Tahun 1939. Yang di kerjakan dibawah pemimpin yang bernama IR.H.M. Verway dan dioperasikan pada tahun 1940. Bendungan ini pun dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda tersebut, dan sampai sekarang di tahun 2015, jadi BBP umurnya ± 75 tahun dan masih berfungsi .  Untuk lebih tepatnya dia Terletak di Kec. Patampanua. yang Alurnya juga menuju daerah Sidrap (Sidenreng Rappang).
          Kebetulan rumah nenekku terletak di Kota Pinrang dan aku hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dengan menggunakan jalur darat untuk menuju kesana. Walaupun perjalanan lumayan lama dan melelahkan .. tapi,, dengan sampainya di Bendungan ini dapat membayar semua rasa lelah dan emosi diperjalanan tadi.


Indah bukan panorama Bendungan diatas ...

Kebetulan saat kesana saya mengambil waktu di sore hari. Jadi suasananya sangat adem dan begitu indah. Karena kita dapat menikmati bunyi aliran air yang sangat deras dari pertahanan bendungan . Begitu besar dan tinggi pertahanan air bendungan ini. Jujur sedikit nervous saat naik diatasnya dan mengambil sedikit foto untuk mengabadikannya.. Kelihatannya memang hanya ada saya disana.. entah saya yang terlalu berani atau memang orang disekitar sana yang takut untuk duduk dipinggiran bendungan... No PROBlem..




Ohya.. bukan hanya itu, disana juga terdapat gunung-gunung rendah yang terletak disekitar bendungan guys, Hal  ini jelas menambah keindahan sekitar BBP. Tentu saja menjadi pusat perhatian semua pengunjung untuk dapat menikmati pemandangan gunung-gunung rendah disana. Difotoku ini  memang gunungnya kurang nampak. Yah karena kabut dan pengambilan efek blur pada gunungnya sehingga hasilnya kurang jelas.. ehehehe



Hanya 30 menit saja aku nikmati bendungan disini , yah efek takut kemalaman pulang . Disini bukan seperti dipantai.. kita dapat melihat sunset atau bahasa kampungnya matahari jatuh dan tenggelam di air..-_-''
Sebelum pulang ,aku sempatkan dulu untuk foto2 sedikit disana , yah ala2 model gak nyadar gitu..xiixixi. Karena keburu malam aku langsung Cus pulang kerumah.. selain itu takut dimarahi nenek juga sih.. hehehehe.




Ini cerita singkat perkenalan tentang Bendungan Benteng di Kota ayahku guys.. 
Kapan-kapan kalau kalian ke kota ini sempatkan untuk berkunjung di bendungan ini yaa,,, yakin deh nda bakalan nyesal... Thanks udah mampir di blog penuh minusku ini... salam kenal dari 
Bendungan Benteng Pinrang..










Tidak ada komentar: